Bika Ambon

Tingkat kesulitan : sulit
Waktu memasak : 5 jam
Porsi : 20 potong



BAHAN :
Adonan bidang 
1 sdm ragi instan
200 ml air
3 sdm gula pasir
200 g tepung kanji

Adonan dasar
2 butir kelapa, parut
10 lembar daun jeruk
20 kuning telur
10 putih telur
800 g gula pasir
400 g tepung kanji
minyak untuk olesan





CARA MEMBUAT :

  1. Adonan bidang : Larutkan ragi instan dalam 50 ml air, tambahkan 1 sdm gula pasir. Campurkan 50 g tepung kanji, aduk, sisihkan +- 30 menit hingga berbuih. Masukkan lagi 75 ml air, 1 sdm gula pasir, dan 75 g tepung kanji, aduk hingga rata, sisihkan selama 30 - 45 menit hingga naik dan berbuih. Ulangi proses ini untuk sisa bahan bidang.
  2. Adonan dasar : Peras kelapa parut dengan air +- 700 ml, rebus bersama daun jeruk sampai berminyak dan jumlahnya menjadi 600 ml. Dinginkan.

3. Kocok kuning telur dan putih telur bersama gula pasir dengan mikser hingga kental dan naik (+- menit) masukkan tepung kanji dan adonan bidang. Aduk, masukkan santan, aduk hingga berminyak. Diamkan pada suhu kamar selama 3 1/2 - 4 jam atau lebih, hingga adonan naik dan berbusa.

    4. Cara Memanggang: taruh pasir bersih dalam nampan, letakan loyang kua ukuran 20x20cm (sudah diolesi minyak goreng) di atas pasir.  Tutup oven, panaskan dengan suhu 180 C hingga loyang mendesis bila ditetesi adonan. 


    5.Tuang adonan ke dalam loyang, panggang dalam oven dengan pintu terbuka. Tunggu hingga adonan berlubang-lubang, lalu tutup loyang dengan nampan/tutup panci.
6. Setelah hampir masak, matikan api bagian bawah, nyalakan api atas biarkan pintu oven tetap terbuka. Panggang terus selama 25 - 30 menit.


    Sumber : Buku Primarasa - Seri Masak femina

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Resep Es Lilin Susu Untuk Dijual 1000-an Laba 200rb per Produksi

    Soto Bandung

    Resep Tahu Telur Goreng Enak